google

add

adver

propeller

Propellerads

Monday, June 19, 2017

Muatan Lokal Bahasa Lampung

Disetiap daerah pasti memiliki kebijakan sendiri tentang pendidikan, terutama bagaimana mengimlementasikan budaya lokal di dalam pendididkan.  Muatan Lokal Bahasa Lampung di Propinsi Lampung menjadi pilihan yang mau tidak mau harus diterapkan di sekolah yang masih dalamwilayah propinsi lampung. Muatan Lokal Bahasa Lampung memang harus dimulai sejak usia dini karena Muatan Lokal Bahasa Lampung mengajarkan orang untuk berbahasa. akan sangat sulit ketika orang berbahasa di usia yang sudah diusia yang tak lagi belia.

Muatan Lokal Bahasa Lampung sangat berguna bagi peserta didik yang bahasa ibunya bukan Bahasa Lampung. di Propisi Lampung banyak menmapung pendatang dari luar wilayah Lampung, entah itu yangdatang secara mendiri atau karena program pemerintah, yaitu transmigrasi. maka pentinglah bagi warga pendatang ini untuk tahu, mengenal dan memahabi budaya lampung melalui Muatan Lokal Bahasa Lampung.

Mengenai kurikulum Muatan Lokal Bahasa Lampung, atau apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Lampung harus ditentukan oleh pihak-pihak yang berkompeten. jangan sampai terjadi proses yang double. dalam artian disetiap jenjang di ajarkan materi yang sama. misalnya aksara di setiap jenjang. padahal aksara itu harsunya suadah dikuasai di sekolah dasar, maka tidak perlu untuk diulangi di tingkat lebih lanjut. tetapi ada masalah ketia ada siswa yang baru masuk dari daerah lain....

nah... sekarang Muatan Lokal Bahasa Lampung harus ditata dengan baik supaya
kisi-kisi Muatan Lokal Bahasa Lampung
silabus Muatan Lokal Bahasa Lampung
rpp Muatan Lokal Bahasa Lampung

harus ditentukan atas perencanaan yang matang di setiap jenjang pendidikan

0 comments:

Post a Comment